Tags

, , , ,

Dulu, kira-kira 1 setengah tahun yang lalu, disaat saya baru pertama kali mengenal blog dan coba-coba buat blog, saya sempet kesel, marah-marah nggak jelas, gundah, sampai galau tingkat Amatir. Padahal masalahnya sepele dan dianggap cuma masalah sebesar upil kalo di bicarakan disini, di dunia khayalan blog yang istilah kerennya itu blogosphere (mungkin gitu kali yak tulisannya, udah rada-rada lupa juga nih. Udah lama banget itu istilah gak eksis lagi di dunia maya).

“Apaan sih masalahnya? penasaran nih..”
“Bentar-bentar, lagi nyusun kata-kata yang tepat dulu nih buat jelasinnya”

Gini nih masalahnya, saya sering menemukan komentar-komentar yang kalo istilah kaskusnya tuh nge-junk di blog sya . Pernah denger gak? Iya, nge-junk itu artinya nyampah, buang sampah gitu lah.

“Lalu intinya gimana?”

Intinya, saya jengkel dengan munculnya komentar-komentar seperti itu, kesannya jadi enggak menghargai postingan-postingan yang udah capek-capek ditulisin dengan harapan feedback-nya bagus-bagus dan membangun. Sebetulnya bukan salah peng-komentar itu sepenuhnya sih, sebagian saya juga ada hubungan dengan adanya komentar-komentar kayak gitu.

“Nah yo.. Kok makin belibet gini? Yang salah situ apa mereka? Atau situ yang nyuruh mereka berbuat begitu buat jadi beruang kambing hitam? “ ❓

Wah, bukan begitu ceritanya. Ngawur aja, ngapain saya susah-susah nyari kambing hitam kalo gak ada untung-untungnya? Minimal mereka jadi kambing hitam tapi mbayar baru saya mau. Udah-udah kok jadi ngelantur gini sih πŸ™„ .

Sebaiknya saya flashback saja ingatan saya dan mengajak situ-situ pada untuk ikutan masuk di memori saya yang kapasitasnya gak lebih dari 128 mb (memori untuk hape jadul). *bernostalgia*

Saya memulai karir ngeblog waktu kelas 1 SMP. Blog saya dulu itu yang rahadthekill.wordpress.com yang waktu terakhir kali saya cek ternyata udah di archived saking gak pernah diurus.

“Lho, kenapa blog yang itu gak dilanjut? Malah pindah tapi tetep sama di wordpress gitu”

Bentar dulu lah, ini ceritanya belum selesai, nanti dijelasin di bagian lain. Sabar dulu aja.

Waktu saya masih keluyuran di blogosphere pake blog itu, saya menemukan sebuah blog ini kolom-tutorial.blogspot.com . Disana rame banget, hampir blogger-blogger di seluruh indonesia ada disana untuk chatting pake shoutmix yang udah disediakan. Mulai dari yang master sampe yang baru pecicilan. Blog itu isinya tutorial untuk blogspot yang bisa dibilang lengkap-kap-kap. Nah, disini letak kesalahan saya. Simpelnya, saya itu SALAH NONGKRONG. Kebanyakan yang nongkrong disana itu pengguna wordpress self hosted (yang udah bisa di rombak-rombak kayak blogspot) dan blogspot aja. Tapi saya masih santai-santai saja nongkrong disitu. Saya mulai saja berorasi agar blogger-blogger pada mau berkunjung. Benar saja, gak berapa lama, mereka pada dateng berkunjung dan minta di kunjungi balik. Saya sih pede-pede aja berkunjung kesana tapi cuma sekedar nulis di shoutmix yang bunyinya “kunjungan balik ya” . Inilah cikal bakal blog saya di komentari dengan komentar-komentar yang kayak gitu.

Eh, mumpung masih inget, ini nih tampilan shoutmix bagi yang belum tau. Ini nih tampilanya :

Oke, yuk balik ke benang merah.

Lama-kelamaan saya jenuh juga kalo komentar-komentarnya cuma begitu-begitu aja. Kurang lebih isinya cuma ; “kunjungan balik sob” “mampir ninggalin jejak yah” “kunjungan perdana loh sob” “salam kenal” . Seperti itulah kira-kira. Ya jelas aja saya bosen dan males untuk ngeblog lagi.

Selang beberapa bulan, saya kembali lagi bikin blog, tapi sekarang jadi rahad2six.blogspot.com . Dengan blog yang saya isi dengan berbagai macam tutorial, tips n trik, sampai cerita-cerita, saya mulai mengerti blogwalking dan menjalin silaturahmi yang baik sesama blogger. Setiap saya berkunjung pasti meninggalkan jejak di kolom komentar dulu. Tentu aja komentarnya bersangkutan sama postingannya. Baru kemudian nulis di shoutmix yang isinya “kalo gak keberatan berkunjung balik ya sob” . Akhirnya, blog saya rame dengan komentar-komentar yang membangun meski masih aja komentar-komentar nge-junk disana sini.

Oh iya, asal situ tau aja ya (pake nada ngancem preman modal nekat) saya waktu masih di blog wordpress yang pertama, sama sekali enggak pernah blogwalking. Satu-satunya sumber pengunjung ya dari tongkrongan sana aja.

Jujur deh, sebenernya waktu mau bikin postingan ini agak ragu juga. Soalnya kan malu, niatnya mau ceramah dan ngasi tau tapi kenyataannya saya sendiri seperti digampari sama tulisan saya sendiri 😯 .

Tapi itu dulu, cuma masa lalu yang enggak mungkin bisa kita apa-apain selain bisa diinget-inget dan kalo yang punya ingatan pinter (kayak saya contohnya :mrgreen: ) bisa nangkep hikmah dibaliknya (udah mulai mabok ni kalo tulisannya mulai bijak)

Nah, karena sekarang saya udah bisa menghargai tulisan-tulisan blogger lain, maka situ-situ harus bisa menghargai tulisan saya juga :mrgreen: . Gampang aja, tinggal di komentarin yang baik dan benar sesuai kaidah yang berlaku di blogosphere :mrgreen: .

Jangan lupa dateng lagi ya…..

______________________

Sumber : Ini dari pemikiran sendiri kok, suer!
Foto : Dari Mbah Google. Cari aja “shoutmix” nanti ketemu deh.

