Tags

, , ,

Coba bayangkan, gimana jadinya dunia ini kalo enggak ada yang namanya kata “ekspresi” Β  yang menurut KBBI adalah proses menyatakan atau pengungkapan? Sudah pasti akan menjadi runyam kan. Siapa pun wajah yang di pandang pasti hanya terlihat muka yang datar alias tanpa ekspresi. Komunikasi antara satu dengan yang lainnya pasti akan susah. Misalnya :

Orang 1 : Hei, makasih ya kiriman kuenya, enak banget! *ekspresi senang*
Orang 2 : Iya, sama-sama, kalo mau lagi besok-besok saya kirim lebih deh *ekspresi senang juga*

Kalo gini pasti sama-sama senang. Tapi beginilah jadinya kalo enggak ada yang namanya ekspresi.

Orang 1 : Makasih ya kiriman kuenya, enak banget! *muka tanpa ekspresi*
Orang 2 : Sama-sama kalo masih mau bisa saya kirimin lebih banyak kok *tanpa ekspresi juga*

Kalo kayak gini pasti sering terjadi kesalahpahaman, karena enggak ada yang tahu kalo lawan bicara itu bener-bener seneng atau cuma pura-pura.

Sekarang coba bayangkan jika yang sedang berdialog tanpa ekspresi itu adalah 2 pemimpin negara dari 2 negara besar yang sama-sama mempunyai kekuatan tempur dan nuklir yang seimbang? Kesalahpahaman pun bakalan jadi perang dan akan mempengaruhi negara-negara lain di dunia. Maka dari itu, ekspresi adalah kata yang mempunyai peranan penting di dunia.

Ekspresi anak Indonesia

Jika tak ada ekspresi, maka tak ada orang yang berekspresi, dan tak akan ada karya-karya hasil dari ekspresi seseorang. Enggak ada film, musik, dan novel, cerpen, puisi, syiar dan banyak lagi karya-karya yang membutuhkan ekspresi jiwa seseorang.

Karya yang tercipta adalah hasil dari seseorang yang mengekspresikan perasaannya. Maka banyak sekali karya-karya yang mewakili perasaan seseorang. Media untuk berekspresi pun ada banyak, dari alat musik, kanvas, buku dan pena, kamera, televisi, sampai internet yang saat ini sedang berkembang dengan sangat pesat. Di internet, media untuk bereksresi malah lebih banyak lagi. Sebut saja jejaring sosial, blog, youtube, dan masih banyak lagi media yang terus berkembang sampai saat ini.

Blog, adalah salah satu media yang banyak digunakan oleh pengguna internet yang senang berekspresi karena dengan blog, tulisan-tulisan, foto ataupun video kita bisa dengan mudah di share ke berbagai pelosok negeri, bahkan dunia. Kenapa enggak jejaring sosial? Kalo jejaring sosial terbatas hanya untuk yang mendaftar di jejaring sosial itu saja. Apalagi jika jejaring sosial itu sudah mulai ditinggalkan, berekspresi pun seakan tidak ada gunanya karena enggak ada yang melihat hasil dari ekspresi kita. Sedangkan di blog, siapapun bisa melihatnya jika yang punya blog adalah orang yang percaya diri dengan hasil ekspresinya. Tapi kalo dia adalah orang yang gak berani berekspresi, hidupnya pasti akan hampa. Dan lambat laun akan dijauhi karena orang yang enggak berani berekspresi akan susah untuk menyampaikan isi hatinya pada orang lain, dan kesalahpahaman pun akan terjadi.

Saat ini sudah banyak blog yang menyediakan layanan gratis, seperti blogspot, wordpress, blogdetik, dagdigdug, multiply dan banyak lagi. Membuat blog pun sama mudahnya seperti menggoreng tempe, karena hanya dengan email dan koneksi internet saja kita bisa dengan mudah membuat blog dan mengisinya dengan ekspresi-ekspresi kita yang dituangkan disana. Bisa dengan foto narsis penuh kemenangan, bisa juga video-video gokil.

Jadi tunggu apalagi? Segera membuat blog dan beranilah berekspresi! Karena ekspresi kita akan turut memberi warna pada dunia ini.

Doraemon aja bisa berekspresi

Advertisements