Tags

, ,

Helaw~

Okeh, seperti janji gue di postingan kemaren, gue mau memberi tau apa dan kenapa gue bisa jarang update blog. Malah bukan jarang lagi, tapi ngilang gitu aja selama dua tahun belakangan. Dan untuk menandakan keseriusan gue dalam dunia perbloggan, akhirnya gue ganti deh header dan nama blog gue. Bisa dilihat alamat blog gue sekarang jadi rahadjars.wordpress.com , bukan rahad2six lagi. Bagus sih yang dulu, tapi kayaknya agak terlalu kekanakan. Headernya pun jadi lebih gotik simpel dengan padanan warna hitam dan putih. Kenapa hitam dan putih? Karena gue suka. Dan perlu diketahui, mengganti nama blog itu bikin blog kita jadi seperti ngulang dari awal lagi :’o . Tapi untungnya post blog gue masih dikit. *ada untung dibalik kebuntungan*

*end of the intermezzo*

Nah, di postingan kali ini, gue pengen membahas atau bahasa infotainmentnya menguak beberapa hal yang sering dijadikan alasan para blogger yang males untuk update, bahkan ngilang. Kayak gue.

Agar enggak terkesan memukul rata semua blogger yang jarang update juga, gue pake aja embel-embel “versi gue”. Postingan ini juga sekaligus gue buat untuk reminder misalkan gue udah mulai males update blog lagi dengan berbagai alesan yang gue bikin, jadi kayak sambil menyelam minum air kobokan. Gue sendiri juga malu dengan umur blog yang udah hampir 4 tahun tapi postingan masih bisa dihitung kayak jemuran. Haduuuu.. Ini memalukan.

Udah! Tanpa banyak omongan gak penting lagi, gue persembahkan aja langsung, 4 Alasan Mengapa Blogger Jarang Update! Versi gue~

Eit, satu lagi, postingan ini bukan untuk menggurui, melainkan cuma share untuk kawan sekalian agar tidak terjerumus ke lubang kenikmatan kesalahan fatal yang sama kayak gue.

Baik, kita mulai aja.

1. Sibuk

Ini emang gak bisa dipungkiri, sibuk pasti bisa jadi alesan yang logis untuk para blogger yang jarang update. Entah sibuk kerja lah, maen lah, belajar lah, sampe mangkal.

Saking sibuknya, para blogger ini udah seakan-akan lupa pada blognya yang haus akan postingan-postingan bermanfaat dari pemiliknya.

2. Gak ada inspirasi

Ngeblog tanpa inspirasi? mustahil! Semustahil gajah yang ngupil pake hidung. Inspirasi emang penting buat menunjang isi dari postingan itu. Tapi kadang, saking lamanya nunggu inspirasi yang gak kunjung dateng, akhirnya lupa dan disaat udah ada inspirasi, dia udah terlanjur males buat memulai kembali. Dan saat udah males untuk mulai lagi, alasannya jadi: SIBUK. Itulah manusia, suka seenaknya…..

Tapi ada solusinya. Tulis aja! Apa pun itu, mau lirik lagu, review film, hape, buku apa aja deh, sedikit apa pun inspirasi yang dateng itu, selama itu enggak copas tanpa ijin dan sumber, ya gak masalah. Soalnya semakin lama lu menunda, semakin pudar juga itu ide. Dan juga, pas kita lagi ngetik postingan, tiba-tiba ada aja ide yang dateng. Sama kayak gue, tiap nulis postingan pasti ada ide yang ngantri buat di tulisin. Kadang-kadang iniΒ  bikin repot juga sih.

3. Rencana/Janji Setengah Mateng

Nah, ini sebenernya akar dari permasalan kenapa blogger tuh suka jarang kalo update.

Jadi kasusnya, di awal-awal bikin blog, kan pasti ada segudang tuh ide-ide yang antri buat ditumpahin di blog lu, tapi ya gak mungkin dong update tiap jam, emangnya twitter, facebook aja kalo ganti profile picture tiap jam di cap alay. Akhirnya, karena udah enggak kuat buat nahan lagi, dibuatlah janji bakal update tiap hari, atau maksimal 2 atau 3 hari sekali deh. Update hari ini, 2 hari kedepan dipake blogwalking buat nambah traffic. Awal-awal sih berjalan lancar tapi lama-lama jadi capek sendiri.

Gue pernah nyoba kayak gitu, alhasil gue keblinger sekaligus bete gara-gara berasa ngejar setoran berapa target blog yang musti di kunjungin hari itu. Ngeblog belum dapet duit, dapet capeknya banyak.

Karena berasa seperti kejar setoran, males kan gue jadinya, mulai gue longgarin lah jadwal rutin gue update blog, dari seminggu sekali, sebulan, sampe 2 taun enggak ada update sama sekali. *Plis jangan dibahas….*

nyantai

santai dong coyyy

Solusinya dibikin enjoy dan santai ajaa. Posting seminggu sekali atau seminggu 2 kali deh, jadi blogwalkingnya bisa santai dan enggak capek, bro. Terus kalo misalkan ada ide yang harus di tuangin juga enggak masalah. Tulis langsung tapi disimpen di draft, pas dirasa udah waktunya brojol posting tinggal klik publish doang, kelar urusan! Ada 1 keunggulan juga kalo ngepostnya seminggu atau 2 minggu sekali, yaitu; sebelum di publish dan dibaca orang-orang, postingan yang masih tersimpen di draft bisa lu edit-edit lagi kalo aja berasa ada yang perlu di tambahin, ubah atau dikurangin, tanpa bikin pemberitahuan ralat dan sebagainya. Lebih rapi dan makin perfect kan jadinya?

4. Sakit

Urusan sakit sih itu urusan yang diatas ya, kita kan gak tau kapan kita bakal dikasi sakit. Jadi cuma bisa pasrah dan berjuang untuk sembuh. Misalkan sakitnya sampe diopname 2 minggu ya udah blog bakal terbengkalai selama 2 minggu.
Kecuali 2 tahun, itu sakit apa koma?

Solusi masalah ini? “Get well soon yaaa” begitulah kata kawula muda.

Itu dia tadi alasan-alasan maksa kenapa banyak blogger yang jarang update, versi gue.

Sekian untuk postingan kali ini, kita ketemu di lain kesempatan. See ya!

Sumber: pengalaman

