Blogger copas, membahas mengenai blogger copas ini memang gak bakal ada habisnya. Diberantas 1 tumbuh beribu-ribu. Momok blogger tukang copas ini menurut gue bener-bener meresahkan. Kenapa? Bayangin aja orang susah-susah buat artikel dari hasil pengamatan dan pemikirannya, orang lain dateng terus copy-paste tanpa mencantumkan sumber. Bikin sakit hati. Ujung-ujungnya apa? Artikel-artikel orisinil yang berkualitas semakin lama semakin berkurang dan lama-lama akan menghilang.

Postingan-postingan yang di copas ini sama saja dengan pembajakan karya di dunia nyata. Sama-sama mengambil karya seseorang tanpa ijin, sama-sama mendapatkan untung dari aktivitas ilegal tersebut. Bedanya, kalau pembajak, hasil bajakannya dijual lebih murah atau bahkan gratis dari aslinya. Tapi kalau artikel copas bisa lebih banyak menghasilkan uang dan lebih terkenal daripada artikel aslinya. Iya, mereka bisa dengan mudah mendapatkan untung dari blog yang penuh dengan postingan-postingan copas karena;

1. Blog copas bisa dan gampang untuk diupdate tiap hari. Penulisnya tinggal pencet ctrl+c dan ctrl+v berulang kali tanpa perlu mencari ide dan berpikir.
2. Blog yang diupdate tiap hari dengan menyajikan informasi menarik hasil copas sana-sini pastinya mendatangkan traffic. Traffic ini berguna banget untuk mendatangkan iklan.
3. Semakin banyak iklan, semakin banyak pemasukan. Pelaku pun mulai memakai jasa Web Hosting Indonesia dan merubah Nama Domain mereka. Tujuannya? Agar semakin terlihat profesional dan lebih mudah untuk terindeks di mesin pencari.
4. Kemudian blog-blog yang postingannya dicuri oleh blogger copas akan kalah dan terkubur.

Begitu kira-kira tujuan dari para pencuri artikel yang merajalela di dunia maya.

Menurut gue sendiri apa sebenarnya esensi dari blogger tapi suka copas? Untuk ngeblog itu diperlukan PC, Laptop, atau Smartphone untuk yang moblog (ngeblog lewat hape). Tentunya ketiga barang tersebut mempunyai keyboard atau keypad yang terdiri dari tombol-tombol abjad, angka dan tombol-tombol untuk mempermudah pengetikan seperti del, enter,space, ctrl, tab, alt, shift, capslock, dan sebagainya. Lalu apa asiknya ngeblog, tapi yang digunakan cuma tombol ctrl, tombol c dan tombol v saja? Hambar banget menurut gue, gak ada asik-asiknya. Ditambah lagi, ini bisa berakibat fatal apabila para blogger yang artikelnya dicuri tanpa ijin mulai merasa muak dan mengambil tindakan tegas.

Efek lain dari blogger-blogger tukang copas ini juga sering bikin kesel pengguna internet yang lain. Seseorang mengetik sebuah keyword di search engine dan munculah beberapa blog maupun website. Tapi website dan blog-blog ini artikelnya SAMA SEMUA. Siapa yang enggak kesel? Niat mencari beragam artikel dari berbagai sumber yang berbeda yang muncul malah 1 artikel tapi berbagai sumber.

Untungnya gue belum pernah merasakan ada postingan gue yang dicuri. Entah karena kurang menarik atau emang gak ada manfaatnya gue enggak tahu. Yang jelas perbuatan copas tanpa meminta ijin atau mencantumkan sumber, itu sama saja dengan perbuatan ilegal karena udah melanggar UU Hak Cipta No. 19 Tahun 2002. Apa bunyinya? Silakan dicari sendiri.

Kalau tema tentang postingannya sama namun isi dan kata-katanya berbeda?
Menurut gue itu bukan copas. Hanya terinspirasi untuk menulis hal yang sama dengan pembawaan yang berbeda. Atau cuma kebetulan kedua penulis mempunyai ide yang sama.

Nah, bagaimana cara memberantas kegiatan ilegal ini?
Bisa dengan meletakan banner seperti dibawah ini di blog kalian. Atau bisa juga dengan membuat banner sendiri. Artinya kalian enggak setuju dengan kegiatan copas. Walaupun begitu tanpa banner peringatan pun copas emang ilegal.

Cover Anti Copas

stop plagiarismGimana dengan yang artikelnya udah terlanjur dicuri? Apa masih bisa diberantas?
Masih bisa! Laporkan saja ke DMCA Google. Langkah-langkahnya bisa dibaca disini

Sedikit tips untuk blogger baru, gue yakin mencari ide masih terasa susah. Jika memang benar-benar buntu sama sekali gak ada inspirasi, elu boleh copas asalkan dengan syarat;

1. Meminta ijin dulu kepada pemilik artikel di kolom komentar kalo ingin mengcopas sebagian atau seluruh artikel.
2. Jangan lupa cantumkan sumber. Ini penting.
3. Usahakan jangan copy seluruh isi artikel tersebut sampai titik koma.
4. Lebih asik kalau mengcopas sebagian isi artikel kemudian diberi opini apakah setuju atau enggak tentang artikel tersebut. Dengan begitu akan membentuk interaksi yang seru antara kedua blogger.

Jadi kesimpulannya, MARILAH KITA BERANTAS BLOGGER COPAS BERSAMA-SAMA!!

Lomba Blog by : andre.web.id============

Sumber gambar: http://uchihazero.blogspot.com/2014/02/akibat-dari-copy-paste-tanpa-izin-dan.html

http://deltakomputer-kediri.blogspot.com/2012/11/koleksi-stiker-atau-logo-anti-copy-paste.html

Advertisements