Tags

, ,

Halo halo, kembali lagi dengan gue, di postingan terbaru gue! Semoga kalian belum pada muak baca postingan-postingan gue yang kandungan gizinya lebih rendah daripada jajan-jajan pinggir jalan di depan sekolahan.

Oke, dalam dunia blogging-memblogging, selain blog, jumlah dan kualitas artikel, dan layout. Hal yang lumayan menentukan blogger itu bagus atau enggak terletak di jumlah pengunjung dibarengi dengan jumlah komentar dalam 1 postingan. Biasanya pengunjung-pengunjung itu ada yang cuma nyasar doang, ada yang emang murni cuma buat nyari-nyari info bermanfaat, dan ada juga yang emang berkunjung untuk menjalin silaturahmi antar sesama blogger sekaligus mempromosikan dan menunjukan bahwa blogger tersebut ada. Nah cara mengunjungi yang terakhir ini biasa kita sebut blogwalking, dan pelakunya gue namakan blogwalker.

Blogwalker ini menurut pengamatan gue yang udah 4 tahun keluyuran di dunia blogging (dikurangi 2 tahun) ternyata ada banyak macemnya. Jadi langsung aja deh, 5 macam tipe blogwalker!

Sebelumnya, postingan ini enggak bermaksud menggurui blogger senior atau gue merasa jadi yang paling benar. Karena kebenaran hanya milik Tuhan semata!

1. Blogwalker kejar setoran

Blogwalker tipe gini, biasanya paling ngeselin. Soalnya mereka-mereka ini blogwalking untuk meningkatkan trafik semata, karena dituntut untuk menperoleh ribuan trafik perhari dengan target blog yang harus dikunjungi mencapai ratusan blog perhari. Mereka mampir di suatu blog cuma beberapa detik untuk nulis di kolom komentar abis itu langsung cabut lagi. Dan karena mereka mampir cuma beberapa detik, pastinya mereka gak akan membaca postingan kan. Maka komentar mereka biasanya cuma;

“kunjungan balik bro”

“info yang menarik sekali untuk kita semua” (padahal postingannya tentang hewan peliharaan yang meninggal)

“mampir ke blog ku kawan”

Dan semacamnya. Yang pasti komentar mereka gak akan lebih dari 2 kalimat.

Menurut gue sih, ayolah, hargai postingan orang! Kalo emang pengen ngejar trafik sampai ribuan perhari jangan blogwalking, mending utak-atik biar SEO nya bagus di google. Gue pernah nyoba buat buka blogger yang komentarnya 1 kalimat dan enggak berisi ini. Udah bisa ditebak, komentar-komentar di postingannya gak jauh-jauh dari “kunjungan balik ya”.

2. Blogwalker setengah-setengah

Blogwalker yang tipe ini, seperti namanya. Ada yang setengah baik, ada juga yang kurang baik. Tapi menurut gue blogwalker tipe ini lebih bermartabat daripada blogwalker kejar setoran. blogwalker yang masuk tipe ini biasanya orang-orang yang punya waktu terbatas untuk blogwalking. Jadinya mereka cuma baca postingan secara rangkuman atau inti-intinya aja tapi komentar mereka tetap berbobot.

Tapi blogwalker setengah-setengah ini kadang ada yang enggak membaca postingan tapi bisa berkomentar dengan indah. Gimana caranya? Dengan membaca komentar dari blogger-blogger yang lebih dulu mampir :p . Gue juga pernah kayak gini tapi gak sering-sering loh yaaa πŸ˜€ .

3. Blogwalker speechless

Kalo blogwalker yang ini, dia biasanya abis baca postingan yang menyentuh dan bener-bener menggugah sampai-sampai untuk berkomentar secara tulisan aja jadi speechless. Atau abis membaca postingan yang dia enggak ngerti. Daripada dia cuma bisa berkomentar kayak blogwalker kejar setoran, mending dia tiru deh blogwalker setengah-setengah.

4. Blogwalker curhat

Biasanya sehabis membaca postingan blogger lain yang bertipe curhat, blogwalker ini bukannya komentar menanggapi curhatan malahan jadi ikutan curhat. Gue pribadi suka nih sama blogwalker yang macem gini. Soalnya bikin postingan jadi lebih berwarna kalo ada yang ikut-ikutan curhat πŸ˜€ .

5. Blogwalker idaman

Bukan mantu idaman loh ya.

Blogwalker ini nih yang jadi primadona dimana-mana. Komentarnya selalu berbobot, sesuai dengan topik dan biasanya terdiri dari 5 paragraf.

Ini adalah blogwalker yang sangat-sangat menjunjung tinggi pepatah “Apa yang di tanam itu yang dituai”. Mereka sangat menghargai postingan blogger lain. Hasilnya blogger yang mengunjungi balik pun jadi segan dan terpancing buat ikut berkomentar yang berbobot, sesuai dengan topik, dan terdiri dari 5 paragraf.

Jadi, blogwalker tipe yang manakah elu?

Gue sendiri sih, biasanya jadi blogwalker tipe 4 sama 5, tapi kadang-kadang bisa jadi yang tipe 2.

Tipe blogwalker mana yang jadi favorit elu?

Gue paling suka sama blogwalker curhat sama idaman. Daripada ngeliat postingan gue ada 30 komentar tapi isinya cuma “kunjungan balik sesama blogger”, gue lebih suka cuma ada 5 komentar tapi isi komentarnya bisa sampe 5 paragraf lebih.

Oraitttt, segitu dulu postingan gue kali ini.

*kecup sayang* *lambaikan tangan*

Advertisements