Tags

, ,

Akhir-akhir ini ada yang bikin gue seneng. Apa itu? Itu adalah, sewaktu gue lagi blogwalking gue sering nemu blogger-blogger yang seumuran sama gue. Bahkan ada yang umurnya dibawah gue. Beda jauh sama pas gue awal-awal ngeblog, kira-kira tahun 2009, waktu itu gue masih kelas 2 SMP. Tahun segitu, gue kesusahan nemuin blogger yang seumuran. Jangankan yang seumuran, blogger yang 3-5 tahun diatas gue aja susah ditemuin. Jadinya temen-temen blogger gue dulu itu banyakan yang udah 20 tahunan umurnya dan ada juga yang udah berkeluarga. Tapi gue tetep enjoy aja sih πŸ˜† . Sayangnya blogger-blogger seumuran gue ini banyak yang ninggalin blognya tanpa sebab. Baru nulis 3 postingan, menghilangnya setengah tahun lebih. Meski begitu banyak yang udah jago-jago ngeblognya dan tulisannya lebih keren. Gue curiga blogger seumuran gue yang jago ini adalah angkatan gue, tapi waktu gue menghilang 2 tahun (tidak untuk ditiru) mereka tetep konsisten dan akhirnya jadi jago deh.

Oleh karena keresahan gue dulu dan juga kesenengan gue sekarang, akhirnya gue mutusin untuk bikin Tips Ngeblog Untuk Yang merasa Pemula. Tips ini gue bikin berdasarkan pengalaman-pengalaman gue dalam dunia blog dan gue tujukan untuk blogger-blogger disana yang baru bikin blog tapi mungkin masih kebingungan mau ngapain dengan blognya, dan juga mereka-mereka yang tertarik untuk ngeblog tapi gak tau harus ngapain. Gue sih berharap dengan membaca tips dari gue, mereka yang udah ngeblog tapi meninggalkan blognya merasa terpacu untuk ngeblog lagi. Tapi sebenernya siapa gue sampe berani bikin tips-tips segala? Well, gue sendiri cuma blogger amatir danpengalaman gue dalam dunia ngeblogbbisa dibilang udah lumayan lah. Riwayat ngeblog gue ada disini (hati-hati, tulisan gue saat itu mungkin sedikit lebay, alay dan bikin sakit mata)

Lagian, seperti yang gue bilang diatas tadi. Tips ini gue tujukan untuk pemula dan mereka yang baru mau ngeblog. Biasanya yang baru ngeblog bikin blognya pasti personal blog alias blog gado-gado, kayak gue ini. Kalau mau tips tentang membuat blog yang lebih spesifik dan hanya mempunyai 1 kriteria khusus, silakan cari blogger yang udah pro untuk minta tips ngeblog tingkat lanjut.

Okelah, ayo langsung mulai aja tips ngeblog 101!

1. Pilih blog
Pertama lu harus memilih mau bikin blog dimana. Ada blogspot, wordpress, blogdetik, macem-macem. Tapi yang banyak dipake itu wordpress sama blogspot.

Blogspot.com
Inti dari blogspot itu kebebasan. Lu mau utak atik html, pasang javascript, modifikasi css (cascading style sheet) untuk theme, pasang iklan,Β  sampe jualan b*k*p gak masalah. Untuk ganti custom domain (biar enggak ada embel-embel blogspot) juga tinggal beli di penyedia domain diluar, terus tinggal di setting di blogspot gratisss.

WordPress.com
Menurut gue wordpress itu ekslusif. Secara mau upgrade apa-apa musti bayar. Ganti custom domain juga cuma bisa di wordpress, gak bisa di tempat lain, harus bayar kalo mau memodifikasi css, pasang iklan juga enggak boleh. Kecuali pake wordads (untuk blogger tingkat lanjut).

Kesimpulannya blogspot cocok untuk pemula yang masih coba-coba. Kalo blog di blogspot udah gak dirawat dalam waktu lama juga kemungkinan di delete kecil. Beda dengan wordpress yang cocok untuk pemula yang sedikit serius. Iyalah, apa-apa bayar. Kalo udah bayar mahal-mahal untuk upgrade tapi ditinggal kan bikin rugi. WordPress juga akan men delete blog yang sudah lama gak terawat. Untuk gue kedua platform ini sama-sama bagus dan punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

2. Theme
Setelah memilih mau ngeblog dimana, selanjutnya adalah memilih theme atau tema. Ini penting karena berpengaruh di dalam sebuah blog. Blogspot mempunyai pilihan theme yang tidak banyak, tapi diberi kebebasan untuk memodifikasi css dan mencari theme gratisan di luar sana. Kalo wordpress theme yang disediakan ada banyak dan lumayan bagus-bagus. Ada juga theme premium yang lagi-lagi harus bayar.

Dalam memilih theme, usahakan pilih yang ringan dan sederhana, enggak usah kebanyakan javascript dan hiasan-hiasan seperti friendster untuk yang ngeblog pake blogspot. Itu karena theme erat kaitannya dengan pengunjung. Gimana pengunjung mau betah kalo untuk buka blog aja harus nunggu 5 menit untuk loading segala macam javascript dan pernak pernik yang bikin blog semakin berat.

3. Postingan
Setelah memutuskan mau ngeblog dimana dan juga themenya, saatnya lanjut ke postingan. Blog tanpa postingan ibarat abis BAB tapi gak cebok. Jorok. Maka dari itu postingan sangat penting dalam sebuah blog. Postingan bisa bebas semau elu. Mau cerita sehari-hari, tips-tips, fiksi, pemikiran-pemikiran elu, pendapat, apa aja! Yang terpenting adalah jangan copas. Kalaupun mau copas harus sertakan sumber. Menulis postingan pun enggak harus memaksakan diri 1 hari 1 postingan kalo enggak sanggup. Bisa 4 hari 1 postingan, atau bahkan 1 minggu 1 postingan. Batas maksimal itu 2 minggu 1 postingan. Usahakan jangan lebih dari itu.

Gimana cara cari idenya?
Kalo gue sih ya, biasanya dapet ide waktu sedang mandi. Selesai mandi langsung gue catet poin-poinnya biar enggak lupa. Kadang-kadang waktu gue lagi nulis postingan, tiba-tiba ada ide untuk postingan berikutnya. Selesai gue nulis postingan yang pertama, gue lanjut deh nulis postingan berikutnya yang baru muncul idenya. Itu juga kalo otak gue enggak kecapekan. Jadi gak usah dipaksakan. Selain itu dengan sering ikut kontes-kontes blog atau giveaway dari blogger lain bisa membuat lu menemukan ide. Dan juga menambah jumlah postingan tentunya.
Kalo gak dapet-dapet ide juga untuk sekian lama, lu bisa posting gambar. Gambar itu, apalagi yang indah bisa mewakili beberapa kalimat. Cukup. Tentunya gambar hasil foto yang lu ambil sendiri. Bukan dari google. Satu lagi, lu bisa ikutan lomba dan kontes-kontes blog yang bertebaran di luar sana. Selain bisa untuk nambah jumlah postingan, ikutan kontes blog bikin lu kreatif karena dituntut bikin tulisan berdasarkan tema yang udah ditentukan

Misalnya stuck saat nulis postingan gimana? Gue sering tuh ngalamanin gitu
Stuck saat lagi nulis postingan biasa terjadi. Kalo lagi stuck, gue pastinya harus mondar mandir dulu ke seluruh ruangan yang ada di rumah gue biar fresh lagi. Soalnya kalo udah stuck terus ngotot diem di tempat duduk malah jadi capek otaknya. Atau lu bisa tinggalin untuk ngerjain sesuatu yang lain biar otak enggak mumet mikirin kata-kata apa yang harus di tulisin.

4. Penggunaan bahasa
Ini juga bebas semau elu. Mau pake “gue, saya, aku, manggil nama sendiri, aing, ane, tiang (bahasa bali halus)” terserah elu! Gue sendiri udah pernah nyoba pake saya, aku, juga manggil nama sendiri. Tapi ujung-ujungnya balik lagi ke “gue”. Bahasa di tulisan elu enggak usah terlalu baku, tapi jangan juga pake bahasa sms yang singkat-singkat, apalagi pake bahasa alay cabe-cabean berterong. Jangan.

5. Pengunjung
Untuk mendapatkan pengunjung ada banyak cara. Salah satunya yang paling mudah dengan cara blogwalking. Yaitu mengunjungi blog lain dan meninggalkan komentar disana. Perlu diperhatikan, etika dalam blogwalking adalah jangan ngejunk, spamming dan komen yang tidak nyambung. Untuk tipe-tipe blogwalker bisa diliat disini agar lu enggak terjerumus menjadi blogwalker yang tidak disukai orang.

Kalo udah dapet pengunjung, pastinya pingin lebih banyak kan. Caranya bisa dengan mengoptimalkan SEO (search engine optimization) di google, agar postingan-postingan kita bisa nangkring di halaman pertama google (khusus tingkat lanjutan). Selain itu bisa dengan promosi di facebook, twitter juga bisa dengan submit postingan elu di lintas.me dan infogue.com. Lumayan membantu mendatangkan banyak pengunjung apalagi kalo postingan elu menarik. Gabung dengan komunitas juga sangat membantu mendatangkan pengunjung. Contoh komunitas-komunitas blog; Jamban Blogger, Kancut Keblenger, Warung Blogger, Blogger Energy, dan banyak deh lainnya.

6. Konsisten dan bawa senang
Konsisten adalah kunci dari segala kegiatan yang kita lakukan kalo mau berhasil. Ketidak konsisten ini banyak yang dilandasi karena di awal-awal terlalu semangat posting sehari 1 postingan, tapi karena terlalu capek dan jadi beban akhirnya cuma bertahan 3 minggu. Lebih baik kalo bikin postingan seminggu 1 postingan tapi bertahan sampai 2 tahun kedepan, bahkan lebih. Jangan juga dijadiin beban. Ngeblog itu sante aja, seperti kalo elu melakukan hobi aja.
Baca disini untuk tau Hal-hal apa saja yang bikin malas ngeblog

Okee, segitu aja gue kira untuk ngeblog 101. Untuk tingkat lanjutnya, sama seperti saran gue sebelumnya, hubungi blogger yang udah ahli dan minta tips-tipsnya.

Silakan blogger lain yang bukan pemula dan ingin menambahkan supaya lebih lengkap. Untuk pengunjung nyasar yang ingin ngeblog setelah membaca postingan ini tapi ada yang belum jelas bisa langsung ditanyakan ke gue.

Sekian dan makasih πŸ˜‰
Mohon maaf untuk paragraf awal yang bertele-tele πŸ˜€

