Tags

, , , ,

Halo halo, gimana kabarnya? Sehat-sehat aja kan? Baguss

Kapan lalu,Β  ada seseorang yang ngirim foto di grup line. Ia adalah Agung. Entah apa motivasi dia untuk mengirim foto ini gue gak tau. Yang jelas foto ini menarik buat gue bahas.

Nih dibawah.

1399648698396Gile gak? Itu Audi R8 menn. Seorang anak dibeliin mobil Audi R8. Ya gue jujur iri deh hahaha :D. Tapi sekarang ini gue gak mau bahas hal-hal yang berbau “sok suci” dengan ngatain,

“Ahelah dibeliin ortu aja bangga luh”

“Itu mah duit ortu, masak dibanggain”

Enggak, lagian gue enggak kenal itu siapa. Duit juga punya ortunya dia, ngapain gue ngomel-ngomel disini. Yang pengen gue bahas itu, dengan mobil Audi R8 ini, gue yang baru aja lulus SMA dan sedang berstatus camaba, *tjieeee camaba* misalkan tiba-tiba dikasi ginian sama ortu, gue bakalan bisa hidup mandiri, lepas dari orang tua dan gak perlu dibiayain lagi!

Gimana caranya?

Nih ya, Audi R8 ini pertama-tama gue jual. Soalnya kalo dibeliin itu berarti hak milik secara enggak formal jadi milik gue kan. Searching-searching di google, harganya itu 1,3 milyar. Dengan 1,3 milyar bisa gue manfaatin untuk;

Beli mobil baru, yang harganya lebih murah. Lagian mobil sport untuk gue buat apa? Gaya-gayaan? Gak begitu perlu. Apalagi kalo di Indonesia, mau ngebut dimana? Banyak banjir, macet, jalan berlubang, belum lagi pengemudi yang ugal-ugalan. Itu Audi R8 kalo beset atau penyok dikit aja bisa nangis dah. Maka dari itu pilihan gue jatuh ke city car toyota yaris. Soalnya ini tipe city car yang menurut gue cocok buat jalanan di Indonesia yang brutal. Harganya perkiraan 250jt. Ditambah biaya buat perawatan atau modif dan lain-lain kayaknya 100jt cukup deh. Jadinya total 350jt buat mobil.

Terus gue juga pengen beli motor. Karena badan gue enggak begitu besar, dan gue suka motor trail (tapi belum kesampean) gue beli yamaha klx aja. Motor tipe trail itu loh. Harganya kira-kira 25jt, dan gue modif biar jadi kayak gini.

20120717-klx-1

foto dari otomotifnet.com

Modifikasi ditambah peralatan-peralatan lain untuk touring dan segala macem paling jadi 10jt. Total 35jt. Kemudian yang gak kalah penting gue beli smartphone yang 5jtan sama laptop yang 10jt jadinya 15jt. (hedonisme banget huahaha πŸ˜€ )

Jadinya total untuk transportasi dan kebutuhan hobi:
350jt + 35jt + 15jt = 400jt
1,3 milyar – 400jt = 900jt

Terus biaya hidup dan lain-lain?

Nah, jadi begini rinciannya:

Karena gue udah lepas dari ortu, gue milih buat tinggal di rumah kontrakan yang gak begitu mahal, kira-kira 25jt setahun. Terus gue anggarkan untuk uang jajan, uang main, makan, beli bensin, pulsa, modem, pacaran, sedekah dll jumlahnya 6jt sebulan. Uang segitu untuk seorang anak yang belum berkeluarga udah cukup banget lah. Terus biaya kuliah 1 semester kurang lebih 7,5jt, jadinya 15jt setahun. Dikali 4 tahun jadi 60jt.

Dari soal diatas, yuk kita hitung-hitungan!

Tempat tinggal = 25jt.
Uang bulanan = 6jt, 72jt setahun
Total: 95jt setahun.

Uang kuliah 4 tahun = 60jt (kalo molor jadi 5 tahun berarti 75jt)
Biaya hidup 4 tahun = 72jt x 4 = 288jt
Total 288jt + 75jt (kemungkinan terburuk kuliah molor) = 363jt

900jt sisa sebelumnya dikurangi 363jt = 537jt
537jt gue simpen di bank sampe gue lulus.

Setelah gue lulus, syukur-syukur cum laude (gak ada salahnya bermimpi) gue langsung cari kerja. Gaji untuk fresh graduate mungkin kisaran 2jt ya. Dan di umur gue yang baru 23, gue udah punya kerja, mobil dan motor , tabungan di bank 500an juta sama rumah kontrakan sendiri. Gak ngerepotin orang tua lagi, gue mandiri! 😎

Misalkan gaji gue yang 2jt tadi kurang, gue ambil aja dari tabungan lagi 4jt untuk tambahan. Jadinya;

4jt yang gue ambil dikali 60 bulan (anggep aja gue kerja 5 tahun sampe dapet kenaikan gaji).
4jt x 60 = 240jt
537jt – 240jt = 297jt

Gue masih punya tabungan 297jt loh! Itu aja kalo gue emang ngabisin 6jt dalam sebulan, kalo gue lebih irit dan gak banyakan foya-foya sisanya pasti lebih banyak. Setelah 5 tahun, umur gue 28 tahun masak iya gaji gue gak naik-naik, apalagi kalo gue kerja dengan totalitas. Gue misalkan lagi gaji gue jadinya udah 10jt, sisa 297jt tadi udah gak terganggu lagi, malah kalo mau gue bisa balikin ke orang tua dan nabung uang hasil keringat gue sendiri! Kalo gue udah semakin sukses, baru deh gue beli mobil sport pake uang hasil kerja gue :lol:.

Nah, itu dia tadi khayalan dan mimpi gue tentang uang kalo aja gue dikasi mobil Audi R8 sama ortu gue, yang mana kemungkinannya kecil banget hehehe. Padahal gue orangnya gak suka itung-itungan, tapi giliran ngitung uang-uang yang jumlahnya gede gue jadi semangat sambil ngayal.

Kalo elu, apa yang akan elu lakukan dengan uang segitu?

=======================

Sumber foto : pribadi dan google

Advertisements