Tags

, , ,

Ngeblog akhir-akhir ini udah jadi hobi gaya hidup kebanyakan orang. Enggak dikit juga yang menjadikan ngeblog sebagai aktivitas untuk mencari uang, yaitu pekerjaan. Buktinya ada banyak sekali blogger-blogger yang sukses berpenghasilan ribuan dollar perbulan dengan bermain adsense di blog yang jumlahnya bisa 5, 10, bahkan lebih.

Salah satu contohnya adalah Eka Lesmana. Dari tukang angon bebek kini jadi jutawan gara-gara konsisten mengelola blognya. (sumber) Siapa yang gak mau kayak dia? Jujur saya pun mau kalo dari aktivitas ngeblog ini bisa dapet ribuan dollar perbulannya. Tapi untuk jadi seperti dia, saya kira enggak mudah. Dapat uang dari ngeblog dibutuhkan konsistensi dan keyakinan dan juga sifat pantang menyerah yang luar biasa. Yang tentu saja gak semua orang punya kan.

Beritanya Eka Lesmana (sumber)

 

Dulu sekali waktu masih awal-awal ngeblog, kira-kira tahun 2011-2012. Tepatnya waktu masih SMP mau beranjak SMA saya ngeblog karena termotivasi untuk dapet uang. Lambat laun tujuan saya ngeblog menjadi bergeser. Walaupun tetap aja masih pengen dapet uang dari aktivitas ngeblog yang saya lakukan. Alasan sebenernya sih beli domain untuk blog ini gak murah, jadi kalo bisa bayar dari hasil ngeblog jelas istimewa menurut saya πŸ˜€ .

Tujuan saya saat ini simpel. Cuma ingin menulis, mendokumentasikan perjalanan dan pengalaman saya di dalam blog ini. Seperti kata Benakribo di tulisannya entah yang mana pernah saya baca kalimat seperti itu. Intinya adalah dokumentasi.

“Emangnya foto aja gak cukup untuk dokumentasi?”

Menurut saya cukup banget. Sebuah foto yang menabjubkan kadang bisa punya cerita seru dengan lebih dari 1000 kata di dalamnya. Tapi sebuah foto yang biasa-biasa aja bisa menjadi unik dan punya cerita yang akan dikenang sampai kapanpun dengan rangkaian tulisan-tulisan di dalamnya.

Ngeblog juga bukan sekedar cara untuk curhat aja menurut saya. Dari ngeblog kita bisa beropini, bersuara di khalayak luas. Contohnya Pandji, seseorang yang punya banyak karya dan kritis terhadap Indonesia. Bisa diliat dari tulisannya yang kadang-kadang harus dibaca pelan-pelan agar mengerti dan bilang “Ohiya juga ya, kenapa gak pernah kepikiran”. Dengan status saya yang bukan artis bukan juga pejabat negeri, suara lisan saya mungkin gak ada yang mendengarkan. Tapi suara tulisan saya di blog ini pasti akan ada aja yang melihatnya. Mungkin enggak sekarang, mungkin 10 atau 20 tahun lagi.

Kalo dibilang pengen terkenal dari blog, siapa yang akan nolak? Saya pengen juga, tapi esensi utamanya itu tadi, dokumentasi tentang pengalaman atau apapun itu.

Coba deh baca ulang blogmu dari postingan-postingan awal yang mungkin aja masih alay-alaynya. Pasti akan senyum-senyum sendiri. Kayak saya yang iseng-iseng baca tulisan yang dulu-dulu. Rasanya banyak banget kejadina-kejadian yang udah saya lalui (terlepas dari ketidakkonsisten saya dalam menulis blog :p ) . Semua yang saya tulis itu memorable buat saya sendiri.

Kembali lagi ke mendapatkan uang dari blog. Dapetin uang dari ngeblog itu enggak gampang, tapi enggak susah untuk orang yang punya fokus dan konsistensi yang tinggi. Fokus menjalani blognya dengan satu tema yang disukai dan dikuasai (salah satu faktor blog itu bisa cepet merebut page 1 search engine) dan konsistensi dari pemilik blog yang bisa update postingan 2-3 post sehari. Gampang? Jelas aja enggak.

Gimana buat blogger-blogger kayak saya dan mungkin kalian yang punya blog campur-campur tapi pingin di monetize juga? Bisa aja. Dan tetep butuh yang tadi itu, fokus, konsisten dan kesabaran ekstra. Karena blog yang temanya gak tentu agak susah buat di monetize kecuali emang udah terkenal dengan punya visitor ribuan perhari.

Untuk saya sendiri, memonetize blog akan saya lakuin kalo saya udah siap dan blog saya ini udah pantas, pasti akan saya suruh mencari uang. Tapi untuk sekarang saya masih belajar konsisten dan fokus di 3 katageri blog ini yang mana jadi tujuan saya dalam ngeblog. “Tulisan bebas” untuk tulisan-tulisan tentang tips, pengalaman, opini dan tulisan random saya lainnya, “Jalan-jalan” untuk tulisan saya tentang travelling dan “fiksi” karena saya lagi belajar nulis cerita fiksi yang menarik dan bisa bikin pembaca geleng-geleng kepala karena endingnya yang enggak jelas enggak terduga.

Dan jangan lupa…

Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tak menulis, ia akan hilang di dalam masyarakat dan dari sejarah

Pramoedya Ananta Toer

Itulah tujuan-tujuan saya ngeblog. Jadi, apa tujuan kamu ngeblog?

 

